Selasa, 14 Juli 2020

Indonesia yang Sopan Santun

"Anak jaman sekarang emang gatau sopan santun" 

Mungkin itulah kata-kata yang kurang lebih sering terucap oleh para golongan tua yang ada di Indonesia ketika mereka melihat anak-anak muda di sekitar mereka. Dengan wajah yang geram dan kepala yang digeleng-gelengkan mereka ucapkan  kata-kata tadi. Seringkali terpikir oleh saya, sebenarnya kenapa hal ini terjadi? Apakah karena para golongan tua yang terlalu mematok standar kesopanan yang terlalu tinggi atau memang anak muda yang sekarang memang sudah tidak berakhlak? Coba kita lihat berita berikut.


Memang contoh yang saya berikan tidak menampilkan secara kontras perbedaan usia. Akan tetapi, kejadian seperti ini sering terjadi oleh anak muda di tempat umum. Bukan hanya kentut sembarangan, melainkan juga bersendawa sembarangan. Akan tetapi, Anda mungkin tidak setuju jika ini hanya terjadi pada usia muda dan tua. Karena ada contoh kasus yang seperti ini.

https://ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-17596371/kpi-sebut-program-garis-tangan-uya-kuya-tak-hormati-norma-kesusilaan

Jelas bahwa yang bersangkutan tidak lagi pantas disebut anak muda. Hal ini berarti bahwa nilai kesopanan yang ada di Indonesia sudah luntur tidak peduli usianya, pekerjaannya, dan juga pendidikannya. Hal ini sangat miris karena dahulu kita, Indonesia, sering disebut oleh turis-turis dan warga negara asing bahwa orang-orang Indonesia sangat ramah dan sopan. Tentu ini menjadi suatu nilai minus jika kita ingin meraih Indonesia Emas 2045. Bagaimana kita bisa menjadi bangsa yang maju jika kita tidak memiliki rasa respect terhadap sesama penghuni negeri?

Kali ini saya ingin mencoba menganalisisnya menggunakan metode VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity). Menurut saya, kasus ini terikat dengan Uncertainty. Hal tersebut dikarenakan tidak ada penyebab pasti dari masalah ini. Bisa saja karena sistem pendidikan yang salah, bisa karena lingkungan yang tidak mendukung untuk berbuat sopan dan yang lainnya

Solusi yang saya berikan adalah pendidikan moral dari orang tua karena pendidikan fundamental dapat mengubah pribadi sesorang dari dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar